Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh - Erni Puspaningrum

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh - Erni Puspaningrum
  • Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh oleh Erni Puspaningrum

    Dibawah ini adalah resep masakan Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh. Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh yang dishare oleh Erni Puspaningrum bisa jadi .



    gambar untuk cara membuat Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh


    Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 250 ml air
    2. 2 sdt garam (aku 2.5 sdt garam)
    3. 1.5 sdt kaldu bubuk (aku skip)
    4. 125 gr terigu serbaguna
    5. 2 butir telur
    6. 200 gr tepung kanji
    7. ??Isi :
    8. 4 butir telur kocok lepas, aku cuma 2 karna hanya 5 yg kuisi yg lain bentuk lenjer
    9. ??Saus Cuko :
    10. 200 gr gula merah
    11. 100 gr gula pasir
    12. 500 ml air
    13. 3 sdm cuka (atau 100 ml air asam jawa)
    14. ??Bumbu Halus untuk Kuah:
    15. 8 siung bawang putih
    16. 5 buah cabe rawit merah
    17. 3 buah cabe merah keriting
    18. 1.5 sdm ebi kering (aku sangrai dulu biar keluar aroma)
    19. 1/2 sdm garam

    Cara Membuat

    1. Siapkan panci kecil, masukkan air, garam dan kaldu bubuk (jika pakai). Masak hingga mendidih, aduk hingga bahan larut. Kecilkan api, tambah terigu sedikit demi sedikit dengan tangan kiri sementara tangan kanan mengaduk cepat. Pake spatula aja ya...
      Aduk hingga kalis dan matang, lakukan dengan cepat karna adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga agak hangat.

    2. Masukkan adonan yg hangat ke food processor (FP), tambahkan satu telur dulu. Proses hingga tercampur baik. Tambahkan satu telur lagi, proses lagi hingga jadi adonan yang halus bebas gumpalan.

    3. Tuang adonan ke wadah, tambahkan kanji sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan.

    4. Proses pembentukan, kalo cara sesat ala aku, bentuk adonan bulat lonjong lalu buat cekungan dengan ibu jari sehingga terbentuk cekungan yang dalam (bukan cekungan yg lebar)..menyerupai cekungan gelas gitu..trus diisi kocokan telur, tutup jangan sampai terkena isian karna akan sulit nempelnya. Tapi kalo kata suamiku dulu pernah liat temennya orang palembang bikin, telurnya satu utuh gitu jadi hasil empek2nya endut2 gede.

    5. Yang lain aku bikin lenjer coz susyah bangeet ngisi telurnya...wkwkw..

    6. Adonan yg uda dibentuk lalu direbus hingga mengapung dan mateng sampe ke dalam2.

    7. Sementara itu kita siapkan kuah cuko nya. Rebus air, gula, bumbu halus dan garam. Masak hingga mendidih, matikan api dan masukkan cuka ke dalamnya. Aduk2. TEST RASA. Saring kuah cuko.

    8. Setelah empek2 mengapung dan matang, angkat lalu goreng empek2 hingga coklat keemasan. Kalau sisa bisa di stok di frezer ya bunda, ga perlu ribet2 lagi bikin adonan.

    9. Penyajian : Potong2 empek2 yg uda digoreng. Tata di piring, siram dengan kuah cuko. Bisa juga dilengkapi dengan rajangan mentimun.




    Itulah tadi Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh, Mudah-mudahan anda menyukainya.Untuk mencari resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep masakan yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh - Erni Puspaningrum diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh - Erni Puspaningrum dengan alamat Url: https://dvozkitchen.blogspot.com/2015/10/resep-empek-empek-dos-tanpa-ikantetep.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.

    0 Response to "Resep Empek-Empek Dos Tanpa Ikan..Tetep Gurihh - Erni Puspaningrum"

    Post a Comment

    ==[Close X]==